PEER TEACHING

Rp300.000

PenulisTorang Siregar, S.Pd., Gr., M.Pd.
Tahun TerbitApril 2025
Jumlah halaman360
Ukuran kertas17x24
Jenis kertasHVS
ISBN/No.Reg978-623-367-909-1
Kategori:

Peer Teaching merupakan salah satu strategi pembelajaran inovatif yang menempatkan siswa atau mahasiswa sebagai fasilitator dalam proses belajar mengajar. Strategi ini menekankan peran aktif peserta didik dalam berbagi pengetahuan dengan rekan-rekannya, menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif, kolaboratif, dan bermakna. Dengan menerapkan peer teaching, siswa tidak hanya belajar untuk memahami konsep secara lebih mendalam, tetapi juga mengembangkan keterampilan komunikasi, berpikir kritis, dan kerja sama tim yang esensial dalam kehidupan akademik maupun profesional.

Buku “Peer Teaching” ini mengupas tuntas konsep, teori, implementasi, serta efektivitas metode ini di berbagai jenjang pendidikan, mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Melalui pendekatan berbasis penelitian dan studi kasus, buku ini memberikan wawasan mendalam mengenai bagaimana peer teaching dapat menjadi solusi efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan belajar siswa. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa peserta didik yang terlibat dalam peer teaching cenderung memiliki tingkat retensi yang lebih tinggi terhadap materi pelajaran, dibandingkan dengan mereka yang hanya mengandalkan metode ceramah konvensional.

Dalam buku ini, pembaca akan diajak untuk memahami sejarah perkembangan peer teaching, berbagai teori pendidikan yang melandasinya, serta bagaimana metode ini telah diterapkan di berbagai sistem pendidikan di dunia. Selain itu, buku ini juga menyajikan strategi praktis dalam merancang dan mengimplementasikan peer teaching di kelas, termasuk teknik pemilihan tutor sebaya, peran pendidik dalam mengawasi jalannya pembelajaran, serta metode evaluasi yang tepat untuk menilai efektivitas pembelajaran.

Tidak hanya membahas keunggulan peer teaching, buku ini juga menguraikan berbagai tantangan yang mungkin dihadapi dalam penerapannya. Beberapa kendala seperti perbedaan tingkat pemahaman antar siswa, kurangnya kesiapan tutor sebaya, serta hambatan dalam pengelolaan waktu menjadi fokus bahasan yang dikaji secara komprehensif. Untuk mengatasi tantangan tersebut, buku ini memberikan berbagai solusi praktis yang dapat diterapkan oleh pendidik guna memastikan keberhasilan metode ini dalam lingkungan belajar yang beragam.

Selain itu, buku ini dilengkapi dengan contoh studi kasus dari berbagai jenjang pendidikan, yang menggambarkan bagaimana peer teaching telah diterapkan dengan sukses di berbagai konteks pembelajaran. Melalui contoh nyata ini, pembaca akan memperoleh gambaran yang lebih jelas mengenai bagaimana metode ini dapat diadaptasi sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik.

Dengan bahasa yang jelas dan sistematis, buku “Peer Teaching” ini diharapkan dapat menjadi sumber referensi yang bermanfaat bagi para pendidik, mahasiswa calon guru, peneliti di bidang pendidikan, serta siapa pun yang tertarik untuk menerapkan strategi pembelajaran inovatif di kelas mereka. Buku ini tidak hanya memberikan wawasan teoritis yang mendalam, tetapi juga menawarkan panduan praktis yang dapat langsung diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar.

Sebagai sebuah pendekatan yang berbasis kolaborasi, peer teaching memiliki potensi besar dalam membentuk generasi pembelajar yang mandiri, percaya diri, dan mampu bekerja sama dengan baik. Oleh karena itu, pemahaman yang mendalam tentang metode ini menjadi semakin penting di era pendidikan modern yang menekankan pada pembelajaran aktif dan partisipatif. Buku ini hadir untuk menjawab tantangan tersebut dan membantu para pendidik dalam mewujudkan pembelajaran yang lebih efektif dan bermakna bagi peserta didik.

Ulasan

Belum ada ulasan.

Jadilah yang pertama memberikan ulasan “PEER TEACHING”
Keranjang Belanja