MACRO TEACHING

Rp350.000

PenulisTorang Siregar, S.Pd., Gr., M.Pd.
Tahun TerbitApril 2025
Jumlah halaman394
Ukuran kertas17x24
Jenis kertasHVS
ISBN/No.Reg978-623-367-907-7
Kategori:

“MACRO TEACHING” adalah sebuah Buku karya komprehensif yang membahas konsep pengajaran dalam skala besar, yang dikenal sebagai macro teaching. Buku ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana pendidikan dapat direncanakan, diimplementasikan, dan dievaluasi secara efektif pada tingkat makro, mencakup berbagai aspek mulai dari desain kurikulum hingga kebijakan pendidikan.

Bab pertama memulai dengan pengantar konsep macro teaching, menjelaskan definisi dan pentingnya dalam konteks pendidikan modern. Bab berikutnya menelusuri evolusi pendidikan dan bagaimana peran macro teaching telah berkembang seiring waktu, memberikan perspektif historis yang kaya.

Landasan teoretis macro teaching dibahas secara mendalam pada bab ketiga, mengkaji berbagai teori pendidikan yang mendukung praktik pengajaran skala besar. Ini mencakup analisis teori konstruktivisme, behaviorisme, dan kognitivisme, serta bagaimana teori-teori ini diterapkan dalam konteks macro teaching.

Desain kurikulum merupakan komponen krusial dalam macro teaching. Bab keempat membahas berbagai model desain kurikulum yang efektif untuk pengajaran skala besar, termasuk pendekatan berbasis kompetensi dan integrasi teknologi dalam kurikulum.

Strategi pembelajaran skala besar dieksplorasi pada bab kelima, menawarkan berbagai metode dan teknik yang dapat digunakan untuk mengelola kelas besar atau program pendidikan massal. Ini mencakup penggunaan pembelajaran kolaboratif, pembelajaran berbasis proyek, dan teknik diferensiasi untuk memenuhi kebutuhan beragam peserta didik.

Teknologi dan inovasi memainkan peran penting dalam macro teaching. Bab keenam mengkaji bagaimana teknologi dapat digunakan untuk meningkatkan efektivitas pengajaran, termasuk penggunaan platform pembelajaran daring, alat evaluasi digital, dan media interaktif.

Evaluasi dan assessment dalam konteks macro teaching dibahas pada bab ketujuh, menyoroti pentingnya alat dan metode evaluasi yang dapat mengukur pencapaian belajar secara akurat dalam skala besar. Ini mencakup pembahasan tentang tes standar, penilaian formatif, dan penggunaan analitik pembelajaran.

Pengembangan profesional pendidik tidak kalah pentingnya. Bab kedelapan menawarkan strategi untuk pelatihan dan pengembangan guru agar siap menghadapi tantangan dalam pengajaran skala besar, termasuk program mentoring, pelatihan berkelanjutan, dan komunitas praktik.

Bab kesembilan membahas kepemimpinan pendidikan dalam konteks makro, mengkaji peran pemimpin pendidikan dalam mengarahkan dan mengelola program macro teaching, serta keterampilan yang diperlukan untuk memimpin perubahan dalam skala besar.

Kebijakan pendidikan dan implementasi macro teaching dieksplorasi pada bab kesepuluh, menyoroti bagaimana kebijakan dapat mendukung atau menghambat praktik pengajaran skala besar, serta strategi untuk advokasi dan implementasi kebijakan yang efektif.

Bab-bab selanjutnya membahas berbagai topik seperti pendidikan inklusif, pengaruh budaya, pendidikan global, penggunaan data, pengembangan materi ajar, dan berbagai tantangan serta solusi dalam implementasi macro teaching. Studi kasus dari berbagai negara disajikan untuk memberikan wawasan tentang bagaimana konsep macro teaching diterapkan dalam berbagai konteks pendidikan. Selain itu, analisis mendalam mengenai efektivitas strategi pengajaran skala besar serta dampaknya terhadap kualitas pembelajaran juga dibahas. Dengan pendekatan yang berbasis bukti, bab-bab ini menawarkan perspektif komprehensif mengenai bagaimana pendidik dapat mengoptimalkan praktik pengajaran mereka dalam skala yang lebih luas.

Ulasan

Belum ada ulasan.

Jadilah yang pertama memberikan ulasan “MACRO TEACHING”
Keranjang Belanja